SPAM Sigar Penjalin Gili Air Mampu Suplai Air Bersih Hingga 20 Liter/DetikDiskominfo KLU

SPAM Sigar Penjalin Gili Air Mampu Suplai Air Bersih Hingga 20 Liter/DetikDiskominfo KLU

Tanjung – Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Gili Air Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) akhirnya rampung dikerjakan.

Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH, didampingi Wakil Bupati Danny Karter Febrianto Ridawan, ST., M.Eng, menerima langsung pengelolaan paket pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan SPAM Sigar Penjalin untuk kawasan Gili Air tersebut dari Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) NTB Ika Sri Rejeki, ST., MT, di Dusun Gili Air, Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Senin (27/12/2021).

Pada kesempatan itu, Bupati Lombok Utara menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kementerian PUPR dan BPPW NTB yang telah menjawab impian masyarakat di KSPN Gili Air untuk dapat menikmati air bersih yang selama ini banyak dikeluhkan oleh warga.

“Kepada Kementerian PUPR melalui BPPW Provinsi NTB, saya haturkan terimakasih yang sedalam-dalamnya. Mudah-mudahan program ini ada ditempat yang lain, sehingga terpenuhi seluruh kebutuhan air bersih yang ada di Lombok Utara ini,” ucap Bupati.

Pada moment yang baik tersebut, H. Djohan Sjamsu berpesan kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Amerta Dayan Gunung serta masyarakat Gili Air, agar dapat menjaga dan memelihara SPAM Sigar Penjalin yang dibangunkan oleh Kementerian PUPR tersebut dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPPW NTB Ika Sri Rejeki, ST., MT menjelaskan, pembangunan SPAM Sigar Penjalin Gili Air tersebut merupakan salah satu bagian prioritas dari kegiatan KSPN, termasuk penataan kawasan Gili Trawangan, Meno, dan Air (Tramena).

Disebutkan Ibu Sri, kegiatan pembangunan SPAM Sigar Penjalin Gili Air tersebut terdiri atas pembangunan reservoir berbahan glass steel dengan kapasitas penampungan air sebanyak 500 kubik.

“Ini satu-satunya ada di NTB khususnya yang ada di Gili Air ini dibangun dengan memakai bahan glass steel,” terang Kepala BPPW NTB.

Dengan dibangunnya SPAM Sigar Penjalin tersebut, Ibu Sri berharap, kebutuhan air bersih dapat terpenuhi dalam rangka menunjang pariwisata di Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air).

Sementara itu, Direktur PDAM Amerta Dayan Gunung Firmansyah, ST memaparkan, berdasarkan proyeksi 15 tahun, jumlah kebutuhan air bersih khususnya di Gili Air diasumsikan mencapai 16 liter/detik, namun semenjak dibangunnya jaringan SPAM Sigar Penjalin tersebut, kebutuhan air bersih yang mampu disuplai sekarang ini kurang-lebih sebanyak 20 liter/detik.

“Dengan ini kita mengharapkan kebutuhan dasar air bersih mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik dan juga peningkatan perekonomian masyarakat di sektor pariwisata,” kata Firman.

(Yoan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.