Buka Musrenbang RKPD 2023, Bupati KLU: kesehatan dan Ekonomi Menjadi Fokus Utama Yang Perlu dibangun Untuk Meminimalisir Kemiskinan

Buka Musrenbang RKPD 2023, Bupati KLU: kesehatan dan Ekonomi Menjadi Fokus Utama Yang Perlu dibangun Untuk Meminimalisir Kemiskinan

Diskominfo KLU, Tanjung – Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) bertempat di Aula Kantor Bupati, Rabu (23/03/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Pemulihan Ekonomi Untuk Lombok Utara Bangkit” tersebut bertujuan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi serta menyepakati rancangan RKPD Kabupaten Lombok Utara Tahun anggaran 2023.

Mengawali sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi kegitan Musrenbang RKPD, mengingat kegiatan tersebut merupakan perencanaan Tahunan dan penjabaran dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara yang tertuang dalam Perda KLU Nomor 8 Tahun 2021

.“ Tahun pertama pelaksanaan RPJMD, pembangunan masih menghadapi tantangan yang cukup berat. Pasca bencana Gempa Bumi Tahun 2018, kemudian Vandemi Covid-19 pada Tahun 2020 yang memporak-porandakan aspek fisik, ekonomi Global, Nasional maupun Daerah” Jelas Bupati.

Lebih jauh, Bupati juga menjelaskan akibat dari Vandemi Covid-19 perekonomian Lombok Utara pada Tahun 2020 tumbuh minus 7,4 %. Sektor yang paling terdampak di Lombok Utara adalah pariwisata.

Kemudian di Tahun 2021, perlahan tapi pasti, pertumbuhan ekonomi Lombok Utara tumbuh menjadi 1,38 %. Pencapaian tersebut patut di syukuri. Disisi lain juga kesehatan dan ekonomi menjadi fokus utama yang perlu dibangun supaya angka kemiskinan bisa diminimalisir serendah-rendahnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap APBD Tahun akan datang bisa lebih baik dari Tahun sebelumnya dan Pimpinan OPD juga harus mempunyai kereasi dan inovasi untuk mendukung pemulihan ekonomi untuk Lombok Utara bangkit.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda Parihin S.Sos pada sambutannya menyampaikan Musrenbang RKPD secara umum untuk mewujudkan perencanaan pembangunan partisipatif yang dilakukan integrasi dengan penggalangan aspirasi sesuai kebutuhan potensi dan penyelesaian permasalahan untuk penajaman penyelarasan klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa dan Kecamatan yang diintegrasikan dengan Prioritas pembangunan Daerah.

Lanjutnya, Parihin juga menjelaskan terkait dengan Musrenbang yakni untuk mendapatkan masukan atas partisipasi masyarakat, penyempurnaan rancangan akhir RKPD, mensinergikan usulan pembangunan top-down dengan buttom-up serta sebagai forum antar pemangku kepentingan yang diselaraskan.

“Kita harapkan hasil dari Musrenbang dalam mengidentifikasi permasalahan pembangunan di Kabupaten Lombok Utara dan terciptanya kesepakatan prioritas pembangunan Daerah Tahun 2023” Ucap Parihin.

(Idham/Topan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.