Inspektur

Home / Inspektur

Inspektorat Daerah merupakan unsur pengawas pemerintahan daerah yang dipimpin oleh Inspektur yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Inspektorat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh perangkat daerah.

Inspektur Daerah bertugas membantu kepala daerah dalam membina dan mengawasi pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan oleh Perangkat Daerah. Adapun rincian tugas seorang Inspektur adalah sebagai berikut :

  • Menyusun kebijakan teknis bidang pembinaan dan pengawasan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  • Menetapkan sasaran kerja bidang pembinaan dan pengawasan berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Inspektorat Daerah;
  • Mengoordinasikan kebijakan, pendampingan serta asistensi di bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan ditingkat pemerintah kabupaten, provinsi, pusat maupun lembaga lain;
  • Mengoordinasikan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas perbantuan oleh perangkat daerah;
  • Mengoordinasikan pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan;
  • Mengoordinasikan pelaksanaan pencegahan tindak pidana korupsi dan pengawasan pelaksaan program reformasi birokrasi;
  • Menyelenggarakan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan;
  • Menyelenggarakan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan kepala daerah;
  • Menyusun laporan hasil pengawasan;
  • Mengendalikan penyelenggaraan operasional kesekretariatan Inspektorat Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengarahkan bawahan dalam pelaksanaan tugas agar terselenggaranya tujuan dan sasaran kinerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan;
  • Membina bawahan dalam pelaksanaan tugas agar terwujud peningkatan kinerja dan disiplin aparatur;
  • Mengevaluasi kinerja bawahan sesuai dengan tugas dan fungsi untuk meningkatkan prestasi kerja;
  • Melaporkan pelaksanaan tugas kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah; dan
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.